PROFIL
Sambutan 

Kepala Madrasah

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Segala puji dan sukur hanya bagi Allah SWT, shalawat serta salam semoga selalu tercurah pada Nabi Muhammad SAW dan semoga rahmat Allah senantiasa menyertai segala aktivitas kita. Aamiin.

Sekolah adalah tempat mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh peserta didik baik melalui kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler. Proses pendidikan terpadu dan menyeluruh adalah proses yang melibatkan semua ranah kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yakni kecerdasan kognitif, emosional dan spritual, maka dengan proses terpadu dalam setiap kegiatan pembelajaran yang menyenangkan memungkinkan sekolah menjadi rumah inspirasi dalam pengembangan potensi peserta didik dan dapat menjadi bekal untuk menjalani kehidupannya.

Sebagai Kepala sekolah izinkan kami untuk menyambut kunjungan bapak/ibu pada website kami. Melalui website ini kami mencoba untuk menginformasikan secara global mengenai berbagai aspek pendidikan yang dapat kami berikan kepada putera/i Bapak/Ibu.

Kami juga menginformasikan visi, misi dan perkembangan sekolah saat ini serta rencana kedepan. Hal penting lain yang kami juga informasikan disini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang kami jalankan untuk memberikan pendidikan terbaik bagi putera/i Bapak/Ibu sebagai bekal bagi masa depan mereka.

Harapan kami, Bapak/Ibu bisa mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate, serta dapat memanfaatkan informasi ini untuk keperluan pendidikan putera/i Bapak/Ibu khususnya serta generasi penerus bangsa dan negara pada umumnya.

Wassalaamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Sejarah

MA ALKHAIRAAT TERNATE

Keberadaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate diawali dari Madrasah Mu’allimin 4 tahun untuk tingkat MTs serta 6 tahun untuk MA dan didirikan tahun 1966. Pada tahun 1974 untuk menyesuaikan dengan peraturan pemerintah (Depag RI) mengenai eksistensi dan status Madrasah Aliyah, maka dibukalah Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate. Teknik peralihan status dan peralihan siswa/i dari Mu’allimin ke Madrasah Aliyah  melalui ujian persamaan.Keberadaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate diawali dari Madrasah Mu’allimin 4 tahun untuk tingkat MTs serta 6 tahun untuk MA dan didirikan tahun 1966. Pada tahun 1974 untuk menyesuaikan dengan peraturan pemerintah (Depag RI) mengenai eksistensi dan status Madrasah Aliyah, maka dibukalah Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate. Teknik peralihan status dan peralihan siswa/i dari Mu’allimin ke Madrasah Aliyah  melalui ujian persamaan.

Pendirian Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate diprakarsai oleh H. Muhammad Said Abdullah dan Prof. Dr. H. Muhammad Noor Soleman. Madrasah ini tidak berdiri sendiri, namun berada pada sebuah yayasan Alkhairaat.

Sejak awal pendiriannya, Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate lebih banyak mengajarkan kurikulum pendidikan agama islam, seperti: tauhid, fiqih, tarikh tasyri’, Qawaid, bahasa arab, bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika dan beberapa mata pelajaran umum lainnya. Kemudian sejak diberlakukannya kurikulum 1975, maka Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate menyesuaikan diri dengan menerapkan tiga bentuk kurikulum, yaitu kurikulum yayasan, kurikulum Departemen Agama dan kurikulum Diknas. Kemudian sejak diberlakukannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), maka Madrasah Aliyah Alkhairaat Ternate menyesuaikan diri dengan menerapkan dua bentuk kurikulum, yaitu kurikulum yayasan dan kurikulum Kementerian Agama

Sejak berdirinya hingga saat ini, madrasah aliyah alkhairat telah dipimpin oleh beberapa orang diantaranya:

1. H. Muhammad Said Abdullah

2. Prof. Dr. H. M. Noor Soleman

3. Drs. H. Salim M. Albaar

4. Abdurachman Assagaf, S. Ag., M.Pd.I

5. Suparno, S.Pd., M.Si

MA ALKHAIRAAT TERNATE

Menyiapkan Siswa Unggul, Terampil dan Berkepribadian Islami

  1. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama, sehingga dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dalam bidang akademis dan non akademis  sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  3. Membina dan mengembangkan kerja sama antara warga madrasah dengan masyarakat.
  4. Menciptakan dan memelihara lingkungan yang sehat, kondusif dan harmonis.
  5. Menyelenggarakan manajemen dan tata kelola madrasah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
  6. Meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab warga madrasah
  1. Terwujudnya lulusan mempunyai wawasan moderat yang bertumpu pada akhlakul karimah.Terwujudnya lulusan mempunyai wawasan moderat yang bertumpu pada akhlakul karimah.
  2. Terwujudnya lulusan berkualitas dibidang akademis dan non akademis sehingga mampu bersaing baik didunia pendidikan maupun dunia kerja.
  3. Terwujudnya lulusan yang memiliki kepekaan sosial dan memiliki jiwa kepemimpinan.
  4. Terwujudnya lingkungan madrasah yang sehat, kondusif dan harmonis.
  5. Terwujudnya manajemen dan tata kelola madrasah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel
  6. Terwujudnya warga madrasah yang mempunyai disiplin dan etos kerja tinggi.
MANAJEMEN

MA ALKHAIRAAT TERNATE